Tata Surya


Tata surya terdiri dari Matahari, planet-planet, bulan, dan ribuan objek kecil-kecil. Objek-objek ini disebut komet dan asteroid. Tata surya terbentuk jutaan tahun lalu dari kepingan gas dan debu yang berputar. Sebagian besar materi ini membentuk Matahari. Beberapa materi ini membentuk planet-planet dan Bulan. Sisanya membentuk komet dan asteroid. eg" /> Asteroid adalah objek batuan seperti planet kecil. Diameter sebagian besar asteroid kurang kurang dari 2 kilometer, tapi beberapa memiliki ukuran lebih besar Ini adalah Ceres, asteroid terbesar yang pernah ditemukan sampai saat ini. Diameternya hampir 1.000 kilometer. Gambar ini menunjukkan betapa besarnya Ceres dibandingkan bulan kita dan Bumi. Karena ukurannya yang besar, para ahli astronomi menyebut Ceres, planet kurcaci.
Sebagian besar asteroid tidak memiliki bentuk bulat seperti Ceres. Gambar ini juga sebuah asteroid, tapi bentuknya tidak beraturan.

Di manakah Asteroid Berada?

Asteroid-asteroid pertama ditemukan di Sabuk Asteroid. Sabuk Asteroid adalah bagian dari Tata Surya. Sabuk Asteroid berada di antara orbit Mars dan Jupiter dan juga mengelilingi Matahari. Beberapa asteroid tidak begitu jauh dari Bumi. Asteroid-asteroid yang sangat kecil terkadang dapat mencapai Bumi. Asteroid-asteroid itu biasanya terbakar di lapisan atmosfer. Kita menyebut asteroid-asteroid yang terbakar tadi, bintang jatuh atau Meteor. Beberapa meteor yang berhasil mencapai Bumi disebut meteorit. Ini adalah gambar meteorit yang ditemukan di Los Angeles, USA, pada bulan Oktober 1999.

Mencari Asteroid

Para astronom di Bumi sedang sibuk mencari asteroid. Setiap bulan, ditemukan kurang lebih 5.000 asteroid baru. Beberapa asteroid dinamai sesuai penemunya. Beberapa asteroid berdasarkan nama-nama orang terkenal. Salah satu asteroid dinamai Rowling, berdasarkan nama penulis Harry Potter yang terkenal! Salah satu alasan penting para ilmuwan mancari asteroid adalah untuk menemukan asteroid-asteroid yang berpotensi menghantam Bumi. Asteroid ini terlihat sangat dekat ke Bumi, padahal jaraknya masih ribuan kilometer dari permukaan Bumi.
Menurut beberapa ilmuwan, asteroid yang sangat besar telah menghantam Bumi ribuan tahun lalu. Mereka percaya asteroid itu merusak Bumi dan memusnahkan semua dinosaurus.

Apakah Komet Itu?

Komet adalah objek yang mengorbit Matahari. Banyak komet memiliki orbit yang terkadang menarik mereka Mendekati Matahari. Kemudian, orbit komet tersebut membawanya menjauh ke ruang angkasa lagi. Komet adalah campuran es dan debu. Beberapa dari antaranya mungkin memiliki inti berupa batu. Ketika mendekati Bumi, sebuah komet dipengaruhi oleh angin yang berasal dari Matahari. Ini akan menghasilkan ekor gas terang benderang tepat di belakang komet. Ini adalah komet Hale-Bopp yang sedang menunjukkan ekor-ekornya. Ekor kedua terbentuk dari debu dan serpihan es yang memantulkan sinar Matahari.

Di Manakah Komet Berada?

Para ahli Astronomi berpendapat bahwa ada awan raksasa yang disebut Oort di tepi tata surya. Menurut mereka, adari awan inilah sebagian besar komet-komet itu berasal.
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: