K egiatan Semester Satu " Ilmu Pengetahuan Alam" Kegiatan Semester 1 Pada setiap semester, kamu akan diberi tugas yang pengerjaannya membutuhkan waktu lama. Di Semester 1 Kelas 3 ini, kamu akan melakukan kegiatan daur ulang kertas. Tema kegiatan : Membuat Kertas Daur Ulang Jenis Kegiatan : Percobaan / praktikum Tujuan Kegiatan : Membuat kertas daur ulang untuk mengurangi sampah kertas yang ada di lingkungan. Pengerjaan Kegiatan a. Alat dan Bahan 1) Papan kayu 2) Kain tipis ( untuk alas papan ) 3) Kain sifon ( untuk menyaring ) 5) Alat penghalus kertas ( blender ) 6) Bak besar 7) Ember 8) Kertas bekas yang disobek - sobek ( direndam selama semalam ) 9) Bahan pewarna kertas, seperti kunyit atau daun suji 10) Lem b. Langkah Kerja 1) Rendamlah sobekan kertas bekas dalam air selama semalam. 2) Kemudian, siapkan papan yang telah dilapisi kain. 3) Haluskan dua gelas rendaman kertas dengan blender. 4) Masukan plup ( bubur kertas yang sudah dihaluskan ) ke dalam bak yang telah diisi air seperempat bagiannya. 5) Ulangilah langkah ketiga dan keempat kira - kira tujuh atau delapan kali 6) Haluskan dengan blender pewarna alami, seperti kunyit, dengan sedikit air. 7) Masukkanlah bahan pewarna yang sudah dihaluskan tersebut ke dalam bak air. Kemudian, aduklah sampai rata. 8) Aduklah satu setengah sendok teh lem dengan air 2-3 sendok makan. 9) Miringkanlah papan yang telah dilapisi kain tipis. Basahi papan dengan air. 10) Masukkanlah kain penyaring ke dalam air. Saring pulp dengan kain penyaring. 11) Tempelkan kain penyaring pada papan. Gunakanlah tripleks untuk meniriskan air pada kain penyaring hingga air tidak menetes lagi. Lepaskanlah kain penyaring. 12) Ulangi langkah 10 dan 11 hingga pulp di bak habis. 13) Jemurlah papan di tempat panas. 14) Setelah kering, cabut kertas secara perlahan agar tidak sobek. 15) Kertas daur ulang siap digunakan. 16) Dari hasil kertas daur ulang yang kamu buat, buatlah benda apa saja, misalnya kartu lebaran, bingkai, dan karya lainnya. 17) Buatlah laporannya dan kumpulkan hasilnya pada gurumu. 5. Pembuatan Kesimpulan a. Apakah fungsi dari lem dalam percobaan tersebut? b. Mengapa kertas yang akan digunakan harus direndam terlebih dahulu? c. Apakah fungsi dar kunyit? d. Apa fungsi dari blender? e. Apakah manfaat dari daur ulang kertas yang telah kamu lakukan? 6. Pembuatan Laporan Buatlah laporan kegiatan yang telah kamu lakukan. Laporan tersebut mencakup seluruh langkah pengerjaan kegiatan yang kamu alami, kesulitan, dan manfaat yang diperoleh. Mintalah bantuan kepada gurumu dalam penyusunan laporan dari kegiatan tersebut. Hasil laporanmu akan dikumpulkan di akhir semester dan dipresentasikan di depan kelas. Selamat bekerja. Membuktikan bahwa Tumbuhan Bernapas Tujuan Kamu dapat membuktikan bahwa tumbuhan bernapas. Kegiatan ini dilakukan di sekolah. Alat dan Bahan 1. Gelas plastik bekas air mineral 2. Kantong plastik bening 3. Tanaman rumput 4. Tanah Langkah Kerja 1. Siapkan gelas plastik bekas air mineral. 2. Masukkan tanah ke dalam gelas plastik. 3. Tanamlah rumput ke dalam gelas plastik. 4. Kemudian, tutuplah gelas plastik dengan plastik bening. Biarkan 1-2 hari. Jawablah pertanyaan berikut ini. 1. Apa yang terjadi dengan tanaman rumput tersebut setelah dibiarkan 1-2 hari? 2. Apa yang kamu lihat pada plastik? 3. Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan ini? Menjernihkan Air secara Sederhana Tujuan Kamu dapat menjernihkan air secara sederhana Alat dan Bahan 1. Ember plastik yang diberi lubang bagian bawahnya 2. Kerikil yang sudah bersih 3. Pasir yang sudah bersih 4. Ember yang tidak berlubang 5. Air yang akan disaring Langkah Kerja 1. Masukkan kerikil yang sudah bersih ke ember yang berlubang. 2. Kemudian masukkan pasir yang sudah bersih di atas kerikil. 3. Letakkan ember berisi pasir tadi ke dalam ember yang tidak berlubang. 4. Alat penyaring sudah siap digunakan. 5. Masukkan air yang akan disaring ke dalam alat penyaringan dan lihat hasilnya pada ember penampung. Jawablah pertanyaan berikut ini. 1. Bagaimana air yang sudah kamu saring, apakah terdapat perbedaan? 2. Apa kegunaan dari pasir dan kerikil? 3. Apa yang dapat kamu simpulkan dari kegiatan ini?
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: