Dimanakah kita bisa menemukan air?
Air sangat berguna bagi kehidupan, bisa digunakan untuk minum, mandi, mencuci, dan untuk lainnya. Air tersebar di permukaan bumi, bahkan hampir tiga per empat permukaan bumi ditutupi oleh air. Oleh karena itu, akan lebih cocok menamakan bumi sebagai planet air. Bumi bila dilihat dari angkasa akan terlihat sebagai planet biru, karena hampir seluruhnya ditutupi lautan. Coba kamu perhatikan gambar planet bumi di bawah ini.
Air adalah salah satu sumber alam yang sangat penting. Air banyak digunakan dalam kegiatan manusia. Kamu bisa menemukan air di laut, sungai, danau, mata air, dan sumur.






Laut
                                                                                                               Sebagian besar air bumi terdapat di lautan, yaitu 97 persen dari seluruh air di permukaan bumi. Negara kita yang terdiri atas ribuan pulau, semuanya dikelilingi laut. Laut Banda, Laut Jawa, dan Laut Flores adalah laut yang dimiliki negara kita. Negarakita juga diapit oleh dua samudra yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia



                                  Ada perbedaan kondisi air di lautan dan di daratan. Air laut terasa asin karena sungai yang mengalir ke laut membawa garam. Garam yang terkandung dalam air laut adalah sodium klorida, garam ini menumpuk di laut dalam jumlah banyak. Namun, tidak semua di bumi ini airnya terasa asin. Ada laut yang airnya berupa air tawar, yaitu laut mati.
Perhatikan gambar laut mati di bawah ini








Sungai
Sungai terbentuk jika air mengalir secara alami dari mata air menuju permukaan daratan yang lebih rendah. Ailiran airnya akan mengalir dari hulu ke hilir. Bila hujan turun, sebagian airnya akan menuruni lereng terjal dan membentuk cucuran air. Cucuran itu akhirnya menjadi jeram yang kemudian menyatu dengan sungai. Aliran sungai ini akan menuruni bukit dan akhirnya mengalir ke laut. Perhatikan gambar sungai disamping

Disekitar sungai kadang kala terdapat anak sungai. Anak sungai ini terbentuk dari sungai-sungai kecil yang menyatu. Anak sungai ini akan mengalir menyatu dengan sungai induk dan selanjutnya akan mengalir ke laut. Dalam perjalanannya laut, sungai semakin besar karena jumlah anak sungai yang bergabung semakin banyak. Perhatikan gambar anak-anak sungai disamping.


     Sungai yang menuruni bukit terjal dan berbatu akan menyebabkan adanya air terjun. Air terjun ini akan terus-menerus mengalir dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi gerak untuk pembangkit listrik. Negara kita memiliki banyak sekali air terjun dengan pemandangan yang indah. Misalnya air terjun Lembah Anai di Sumatra Barat dan air terjun Kebun Raya Gede-Pangrango di Bogor. Perhatikan gambar air terjun di bawah ini.









Di sebagian negara, ada sungai yang dianggap sebagai tempat suci, misalnya Sungai Gangga di India. Bagi umat Hindu, Sungai Gangga adalah sungai suci yang airnya dianggap dapat membersihkan dosa manusia dan menyembuhkan berbagai penyakit. Setiap tahunnya, beribu-ribu umat Hindu datang berziarah ke Sungai Gangga untuk mandi. Perhatikan gambar Sungai Gangga di samping.


Danau
Danau adalah daerah berair yang dikelilingi oleh daratan. Danau terbentuk apabila air berkumpul dalam cekungan pada permukaan bumi. Dari Sabang sampai Merauke terdapat danau-danau yang merupakan objek wisata, seperti Danau Toba, Danau Singkarak, Danau Poso, dan Danau Batur. Coba kamu perhatikan gambar Danau Toba disamping.




Danau terjadi secara alami, namun ada juga danau yang sengaja dibuat oleh manusia. Danau buatan ini disebut waduk. Pembuatannya dengan cara membendung air dalam sebuah bendungan. Waduk dapat digunakan sebagai sumber energi gerak untuk pembangkit listrik. Coba kamu perhatikan gambar waduk disamping.



Di saat musim panas, air permukaan danau buatan akan menyusut. Bahkan bisa mengalami kekeringan. Contohnya Danau Eyre di Australia. Dahulu, Danau Eyre adalah danau besar yang lenyap setelah mengalami kekeringan beberapa tahun. Di Utah,Amerika Serikat dahulunya terdapat Danau  Bonneville yang sekarang menjadi padang garam. Perhatikan gambar danau Eyre di samping.


Akuarium
akuarium adalah tempat yang di dalamnya dipelihara hewan air, terumbu karang, dan tanaman air. Hewan yang umumnya dipelihara adalah ikan. Ukuran akuarium bermacam-macam. Ada akuarium kecil yang diisi seekor ikan mas, hingga akuarium raksasa yang diisi ikan paus atau lumba-lumba. Akuarium raksasa contohnya seaworld. Perhatikan gambar seaworld di samping.


Akuarium dapat kita buat dan diisi dengan ikan yang kita sukai. Air sangat diperlukan sebagai tempat hidup ikan. Air yang digunakan harus sesuai dengan jenis ikannya, ikan air tawar atau ikan air laut.

Apakah manfaat air bagi makhluk hidup?
  Air adalah sumber kehidupan. Semua makhluk hidup membutuhkan air, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan. Air digunakan untuk memasak, menyiram tanaman, dan minuman hewan. Tanpa air, makhluk hidup akan mati. Bahkan sebagian besar tubuh makhluk hidup terdiri atas air. Ayo kamu perhatikan gambar manfaat air bagi makhluk hidup dibawah ini.











  Manusia, pohon, dan buah-buahan banyak mengandung air. Coba tebak, berapa banyak air yang terkandung dalam tubuh manusia, pohon, dan buah-buahan di bawah ini































  Makhluk hidup sebagian besar tubuhnya terdiri atas air. Sekitar 60%  bagian tumbuhan, dan 90% bagian buah-buahan terdiri atas air.Sedangkan manusia 70& bagian tubuhnya adalah air. Air ini digunakan untuk proses metabolisme dan penyerapan sari makanan.
  Kita kehilangan air dari dalam tubuh ketika berkeringat, bernafas, dan buang air. Sehingga setiap harinya kita harus mengonsumsi air minum sebanyak  kurang lebih 2 liter. Karena sangat bergantungnya dengan air, manusia tidak dapat bertahan hidup lebih dari 3 hari jika tidak mengonsumsi air.
  Tumbuhan juga mengonsumsi air. Air digunakan untuk mengangkut unsur hara. Akar tumbuhan menyerap air dari tanah. Kemudian melalui pembuluhnya, air akan mengalir naik melalui batang menuju daun.
Perhatikan gambar tumbuhan dibawah ini.

Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama
Axact

Axact

Vestibulum bibendum felis sit amet dolor auctor molestie. In dignissim eget nibh id dapibus. Fusce et suscipit orci. Aliquam sit amet urna lorem. Duis eu imperdiet nunc, non imperdiet libero.

Post A Comment:

0 comments: